INFORMASI UNIK DARI PENJURU DUNIA

GUGUSAN BINTANG BARU YANG INDAH

gugusan bintang cantik

Beberapa juta bintang baru "bersaing" untuk mendapatkan perhatian Teleskop bintang hubble punya NASA dengan berkembangnya bintang parau pada Doradus 30, yang terletak di jantung Nebula Tarantula, di atas belahan bumi selatan.

Doradus 30 adalah bintang terang pembentuk wilayah yang terlihat di galaksi tetangga dan rumah bagi bintang paling masif yang pernah terlihat. Nebula berada 170.000 tahun cahaya dari awan besar Magellanic, galaksi satelit dari Bima Sakti kita. Tidak diketahui apakah daerah pembentuk bintang yang berada di dalam Bima Sakti kita itu sama besar atau seproduktif sebagai  Doradus 30.

NASA and Space Telescope Science Institute merilis gambar ini untuk merayakan ulang tahun ke-22 Hubble.

Gambar mengungkapkan tahap kemunculan bintang, dari bintang-bintang embrio tua  beberapa ribu tahun lalu dan masih terbungkus dalam kepompong gas gelap, untuk bintang raksasa yang hancur dalam ledakan supernova.  Doradus 30 melontarkan  bintang pada kecepatan tinggi selama jutaan tahun. Hubble menunjukkan gugus bintang dari berbagai usia, dari yang berumur sekitar 2.000.000 sampai 25000000 tahun.

sumber : amazing space

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

ARTIKEL LAIN