INFORMASI UNIK DARI PENJURU DUNIA

KEHIDUPAN UNIK YANG DITEMUKAN DI DANAU VOSTOK (LAKE VOSTOK)

lake vostok
danau vostok dilihat dari atas

         Baru-baru ini, sebuah tim peneliti Rusia mencapai perairan LAKE VOSTOK (Danau Vostok). Vostok adalah salah satu danau paling besar di Bumi, namun luput dari perhatian selama bertahun-tahun karena terkubur es setebal 3.700 m  di Antartika. Tidak ada informasi tentang apa yang telah ditemukan di perairan danau itu , namun para peneliti sekarang memiliki sekilas pandangan tentang kehidupan yang ada di dalamnya. Itu karena beberapa perairan danau membeku ke bawah gletser dan transit di seluruh permukaan danau, menjebak organisme apapun di dalamnya.

danau vostok membeku
danau vostok yang membeku

       Dengan urutan DNA dan RNA yang terperangkap dalam es, peneliti menyimpulkan kemunculan sebuah komunitas beragam spesies bakteri, dan uniknya lagi, beberapa penemuan menunjukkan bahwa danau Vostok memiliki kesetaraan dengan ventilasi hidrotermal laut-dalam. yang memungkinkan  hewan  hidup di bawah es.

struktur danau vostok
struktur danau vostok jika tanpa es

       DNA dari sampel DanauVostok sangat kaya dan beragam. Berbagai macam spesies bakteri hadir, termasuk  kelompok yang hidup di air tawar dan air asin, di dalam tanah, dan sedimen. Bahkan ada beberapa temuan yang tak terduga. Cyanobacteria biasanya hidup dengan melakukan fotosintesis, tetapi DNA mereka ditemukan di danau, yang terkubur di bawah es dan juga tidak pernah mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkan untuk fotosintesa.

          Beberapa urutan berasal dari kelompok bakteri yang pertama kali diidentifikasi pada ventilasi hidrotermal laut-dalam,yang didukung oleh aktivitas gunung berapi, dan peneliti mencatat bahwa Vostok mengisi sebuah lembah celah, yang memungkinkan struktur serupa terbentuk dalam danau itu sendiri. hingga pada akhirnya, bakteri dapat hidup di air yang merembes ke daerah-daerah panas di bawah dasar danau, dan secara sporadis bisa dikeluarkan ke danau itu sendiri.
   
            Namun penemuan yang paling menakjubkan adalah adanya urutan yang menunjukkan kehidupan multisel. Banyak dari mereka berasal dari jamur, tetapi beberapa dari mereka tampak dari hewan, termasuk arthropoda, moluska yang, cnidaria, dan krustasea. Beberapa faktor mendukung gagasan bahwa binatang mungkin hadir. Salah satunya adalah bahwa anggota kelompok ini telah ditemukan di ventilasi hidrotermal laut-dalam. Yang kedua adalah bahwa sejumlah spesies bakteri yang baik patogen hewan atau bagian dari komunitas usus.<Link>
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

ARTIKEL LAIN